KUVET MURAH

KUVET KUARSA / GELAS dan DISPOSIBLE KUALITAS TERBAIK DENGAN HARGA BERSAING
MULAI DARI Rp 100.000,-
Hubungi 082295039612

Senin, 28 Mei 2012

spektrometer massa


 Spektroskopi merupakan alat analisis cahaya yang dihasilkan suatu objek yang sangat berguna dalam bidang fisika. Spektroskopi menggunakan prinsip difraksi dan interferensi untuk memisahkan cahaya yang dihasilkan suatu objek menjadi garis-garis warna berbeda yang dikenal dengan Spektrum. Alat ukur yang digunakan disebut Spektrometer. Spektrometer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengamati spektrum  cahaya yang terurai setelah melewati suatu medium sehingga membentuk suatu spektrum. Spektrometer adalah alat untuk mengukur spektrum. Dalam astronomi dan beberapa cabang kimia, spektrometer adalah alat optik untuk menghasilkan garis spektral dan mengukur panjang gelombang mereka dan intensitasnya. Metoda penyelidikan dengan bantuan spektrometer disebut spektrometri. Variabel yang diukur adalah yang paling sering adalah lampu. Dalam spektrometer modern, sinar yang datang pada sampel diubah panjang gelombangnya secara kontinyu. Hasil percobaan diungkapkan dalam spektrum dengan absisnya menyatakan panjang gelombang (atau bilangan gelombang atau frekuensi) sinar datang dan ordinatnya menyatakan energi yang diserap sampel.

Spektrometer massa
A.Garis besar tentang apa yang terjadi dalam alat spektrometer massa
Atom dapat dibelokkan dalam sebuah medan magnet (dengan anggapan atom tersebutdiubah menjadi ion terlebih dahulu). Karena partikel-partikel bermuatan listrik dibelokkandalam medan magnet dan partikel-partikel yang tidak bermuatan (netral) tidak dibelokkan.Urutannya adalah sebagai berikut:
Tahap pertama :
Ionisasi
 Atom di-ionisasi dengan ‘mengambil’ satu atau lebih elektron dari atom tersebutsupaya terbentuk ion positif. Ini juga berlaku untuk unsur-unsur yang biasanyamembentuk ion-ion negatif (sebagai contoh, klor) atau unsur-unsur yang tidak pernahmembentuk ion (sebagai contoh, argon). spektrometer massa ini selalu bekerja hanyadengan ion positif.
Tahap kedua :
Percepatan
 Ion-ion tersebut dipercepat supaya semuanya mempunyai energi kinetik yang sama.
Tahap ketiga :
Pembelokan
 Ion-ion tersebut dibelokkan dengan menggunakan medan magnet, pembelokan yangterjadi tergantung pada massa ion tersebut. Semakin ringan massanya, akan semakindibelokan. Besarnya pembelokannya juga tergantung pada besar muatan positif iontersebut. Dengan kata lain, semakin banyak elektron yang ‘diambil’ pada tahap 1,semakin besar muatan ion tersebut, pembelokan yang terjadi akan semakin besar.
Tahap keempat :
Pendeteksian
 Sinar-sinar ion yang melintas dalam mesin tersebut dideteksi dengan secara elektrik.
B.Diagram lengkap dari spektrometer massa:
Description: http://htmlimg3.scribdassets.com/72lhubrum81c7nd5/images/1-0570c6766e.jpg

 Penjelasan tentang apa yang terjadi
 Keadaan hampa udara
Penting bagi ion-ion yang telah dibuat dalam ruang ionisasi untuk dapat bergerak lurusdalam mesin tanpa bertabrakan dengan molekul-molekul udara.
 Ionisasi
Sampel yang berbentuk gas (
vaporised sample
) masuk ke dalam ruang ionisasi.Kumparan metal yang dipanaskan dengan menggunakan listrik ‘melepaskan’ elektron-elektron yang ada pada sampel dan elektron-elektron lepas itu menempel pada perangkapelektron (
electron trap
) yang mempunyai muatan positif.Partikel-partikel dalam sample tersebut (atom atau molekul) dihantam oleh banyak sekali elektron-elektron, dan beberapa dari tumbukan tersebut mempunyai energi cukupuntuk melepaskan satu atau lebih elektron dari sample tersebut sehingga sample tersebutmenjadi ion positif.Kebanyakan ion-ion positif yang terbentuk itu mempunyai muatan +1 karena akan jauhlebih sulit untuk memindahkan elektron lagi dari sample yang sudah menjadi ion positif.Ion-ion positif yang terbentuk ini ‘diajak keluar’ dan masuk ke bagian mesin yangmerupakan sebuah lempengan metal yang bermuatan positif (
 Ion repellel 

untuk baca lebih lanjut klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar